LONG ROAD I WADAHI PELAKU KREATIF SURABAYA BEREKSPRESI

24 Jun 2017

Long Road adalah sebuah kedai kopi yang berada di ujung kota Surabaya. Tapi bukan sekedar kedai biasa, Long Road punya visi dan misi untuk mewadahi custom enthusiast, baik builder, artist pinstripe, dan penggemar motor.

Konsep kedai kopi Long Road sudah lama dirancang, namun dua saudara Enjang Satrio dan Andi Kusuma baru bisa mewujudkan akhir tahun 2016 lalu. “Tahun lalu kami berkesempatan datang ke Kustomfest Yogyakarta, di sana kami mendapatkan ide, kami sempat membayangkan menarik juga jika ada kontes untuk booth-booth kuliner. Apalagi saat itu sedang booming food truck,” jelas Enjang yang punya background pendidikan ilmu politik.

Kebetulan Andi Kusuma gemar main motor, ia pun mulai memikirkan desain Vespa Supernya untuk menjual kopi masak, dan meja kecil untuk menyajikan kopi. Mirip-mirip konsep foodtruck, hanya vespa yang biasa diberi sespand digantikan sasis dan gerobak untuk menjual kopi. Desainnya cukup unik yang memanfaatkan material kayu untuk memberikan kesan vintage.

Mereka mulai mengenalkan produknya di event Customland November 2016 lalu. Tak disangka desain vespa dengan racikan kopi yang unik berhasil mengundang penikmat kopi. Selang sebulan Long Road, mendapatkan lokasi  permanent di Jl. Siwalankerto Timur no. 141 Surabaya.

Special Kopi Aspal jadi menu andalan yang ditawarkan oleh kedai ini. Kopi ini didatangkan dari alas Banyuwangi. Kabarnya biji kopi didapat dari pohon kopi liar, bukan arabika maupun robusta tapi kopi liberika. Konon kopi ini dibawa oleh bangsa Belanda yang ditanam di Jawa Timur. Uniknya pengolahan kopinya sangat tradisional yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Long Road bukan sekedar kedai kopi biasa, tapi sebuah wadah berekspresi untuk custom enthusiast, baik builder, artis, maupun penggemar motor. Tak jarang ide-ide menarik banyak dibicarakan di venue ini. Apalagi Long Road membuka kesempatan bagi pelaku industri kreatif untuk menjual karyanya.

Terdapat etalase khusus untuk artist mendisplay karya yang akan dijual. Menariknya, artist diberi kebebasan berekspresi dalam berkarya sehingga material juga beragam. Long Road juga tidak menarik biaya dari hasil penjualan karya.

Konsep pengelolahan usaha kreatif ini rupanya mengundang banyak tawaran sponsor bahkan menjadikan usaha waralaba. “Banyak sponsor yang ingin bekerja sama dengan Long Road termasuk pemodal yang menginginkan menjadi usaha waralaba. Namun kami berusaha untuk tetap pada konsep kita, sehingga kami bebas untuk mempertahankan idealisme kita. Dengan begitu kami dapat mewadahi custom enthusiast terutama di kota Surabaya,” jelas Andi Kusuma salah satu pencetus Long Road.

Long Road sendiri memiliki filosofi, bahwa custom culture bukan sekedar trend yang marak kemudian meredup seiring bergantinya jaman. Long Road bermakna jalan panjang tiada henti, sehingga custom culture yang dianut olehnya bisa langgeng, dan menjadi pilihan dalam hidup.