Iconic Bike 2 Suryanation Motorland Semarang

16 Aug 2017

Iconic Bike Suryanation Motorland 2017 Moto Guzzi – Mario Basette by Mastom Custom

Penyelenggaraan Suryanation Motorland 2017 yang mengambil tema “Collaboration Brings Perfection” merupakan salah satu gelaran kolaborasi dalam sebuah karya. Hal ini bertujuan agar builder satu dengan yang lain dapat melahirkan sebuah karya kolaborasi dengan saling bertukar pikiran dengan segala kendala yang dihadapi.

Sementara Iconic bike kedua yang merupakan hasil kolaborasi Best Region Custom Bike Contest Suryanation Motorland 2016, yaitu Onny Widiyayana (pemenang Semarang) dan Hendra Ardiansyah (pemenang Makassar) ini hadir di kota Semarang dengan mentor salah satu dewan juri bernama Tommy Dwi Jatmiko alias Mastom dari Mastom Custom.

Iconic bike kedua Suryanation Motorland 2017 berbasis Moto Guzzi V7 II Stone. Motor asal Italia ini dibuat atas arahan Tommy Dwi Djatmiko (Mastomcustom Jakarta) yang sekaligus bertindak sebagai juri. Walau hasilnya tidak terlihat agresif dengan ubahan yang ekstreme namun Iconic Bike kedua yang di luncurkan di kota Semarang ini berhasil menarik beberapa perhatian para pengunjung. Pasalnya beberapa pengunjung dibuat rasa penasaran yang besar atas ubahan apa yang terjadi pada garapan ketiga builder ini.

Kecerdikan Mastom dalam menggarap Iconic Bike kedua gelaran Suryanation Motorland 2017 Semarang ini terlihat pada penggunaan part yang di re-make dengan sedikit ubahan “tipis-tipis”. Salah satunya adalah bentuk tangki yang dibuat ulang dengan bentuk yang hampir sama dengan aslinya. Namun, jika di lihat dan diperhatikan lebih mendetail dengan ukuran aslinya maka anda akan melihat perbedaan tersebut.

Mastom mengatakan jika tangki dibuat ulang dengan ubahan yang tidak begitu ekstrem. “sebenarnya tangki motor sudah saya buat ulang, namun beberapa pemerhati motor ini tidak menyadarinya. Saya sengaja tidak melakukan ubahan besar pada motor asal italia yang sudah terlahir dengan bentuk fisik yang menwawan. Itu sebabnya saya menjuluki motor ini dengan nama Mario Basette yang artinya pria menawan” ujarnya.

Mario Basette memiliki bentuk ideal bagi pengendara yang menginginkan sebuah motor berkarismatik dengan penampilan yang minimalis. Jika di perhatikan dari depan, penggunaan enggine bar nampak terlihat sebuah kumis yang hanya ada pada sosok seorang Gantlemans. Ubahan lain juga terlihat pada bentuk knalpot yang di desain ulang dengan mengandalkan bentuk aslinya. Namun, jika motor ini mulai dihidupkan, rauman suara kenalpot garapan Uncledhons Garage yang berkolaborasi dengan Three Monkey Engineering dengan mantored by Mastom Custom ini akan terihat perbedaannya.

Demi menguatkan karakter seorang Gantlemans, side bag berbahan kombinasi kulit dengan kanvas pun ikut diaplikasikan dibagian buritan disisi sebelah kiri motor. Tidak hanya itu estetika tambahan lain juga terlihat pada penggunaan behel belakang yang menegaskan karakter motor dual purpose selain penggunaan dua ban bertipe kasar pada bagian depan dan belakangnya.