Tutorial Dasar Melakukan Wheelie

07 Sep 2017

Ada dua cara untuk melakukan wheelie yaitu duduk atau berdiri di motor Anda. Percaya atau tidak, melakukan wheelie sambil berdiri membuat anda lebih mudah mengontrol motor Anda. Namun bagi para pemula, menemukan tarikan gas yang tepat untuk mengangkat roda depan motor Anda, lebih mudah dilakukan dalam posisi duduk.

Setelah bisa mengangkat sedikit roda depan anda, kini waktunya Anda untuk mengontrol wheelie dan satu-satunya cara untuk melakukan itu adalah dengan mengontrol gas motor Anda. Lakukan hal ini berulang-ulang dengan harapan setiap kali mencoba anda mendapatkan jarak yang lebih jauh saat melakukan wheelie.

Setelah menemukan posisi tarikan gas yang tepat, mulailah berlatih melakukan wheelie dengan posisi berdiri. Sedikit catatan, melakukan wheelie dalam posisi duduk membuat badan anda berada di bagian belakang sepeda motor dan ada kemungkinan anda jatuh terjerembab dalam posisi duduk saat melakukan trik ini. Di sisi lain, posisi berdiri, walaupun tidak mudah juga, bisa membuat anda mendorong jauh motor Anda, jika merasa akan jatuh.  Namun hampir sebagian besar jagoan freestyle melakukan wheelie dalam posisi berdiri.

Jika Anda belum mahir melakukan trik ini, janganlah berputus asa. Latihan yang tekun dan terus evaluasi kesalahan. Melakukan aksi wheelie membutuhkan ketenangan dan keseimbangan. Tidak mudah untuk menunggangi besi seberat 100 kilogram dan kemudian mencoba untuk mengangkat ban depan motor trail Anda.

Yang jelas, jangan gunakan kedua lengan Anda untuk mengangkat motor Anda, seperti halnya aksi wheelie yang dilakukan dengan sepeda.  Bahkan seorang pahlawan super  pun akan kesulitan untuk melakukannya. Jika ban depan sudah terasa akan naikan, segera tarik gas motor anda, sesuaikan dengan kebutuhan saat itu. Dan peran lengan anda hanya sebagai penyeimbang, bukan untuk mengangkat roda depan motor. Jangan patah semangat untuk terus berlatih untuk mencapai kesempurnaan.