Trik dan Tips Belajar Stoppie

09 Sep 2017

Usai memberikan tips bagaiamana cara melakukan wheelie, kali ini anda juga harus mengetahui teknik dasar freestyle lainnya yaitu stopie. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya,  pertama anda bisa cari tempat lapangan yang lurus dan aman (usahakan aspal atau tempat cor coran ) yang tidak lincin sangat tidak di sarankan di tempat yang banyak pasir dan juga tanah.

Gunakan gigi satu dengan bukaan gas motor anda yang medium dengan kecepatan kira kira 20/30 km/jam sebagai awal. Untuk Posisi badan anda bisa mengatur agak nungging kedepan (condong ke depan) dengan tangan menekan setang yang kuat untuk memindahkan beban ke bagian sokbreker depan.

Selanjutnya anda bisa tekan tuas rem cakram depan dengan perlahan sampai roda depan terkunci ,jangan lupa untuk sedikit membungkuk kan badan dan rasakan roda belakang mulai terangkat. Jika kecepatan motor 20 biasanya kurang greget , tapi jika 40-60 ban belakang enak ngangkatnya.

Kemudian saat ban belakang sudah mulai terangkat anda bisa tahan dan tetap tarik tuas rem cakramnya ,kemudian saat ban belakang/buntut motor udah kelewat tinggi anda bisa lepas tuas rem depan tersebut agar roda depan tetap berputar dan roda belakang kembali turun.

Ketika ban belakang sudah ke posisi awal yaitu nempel di aspal anda bisa buka gas lagi dengan perlahan sambil mengatur keseimbangan badan dan melakukan lagi lagi hingga bener bener bisa dan mainkan filling.

Lakukan latihan dasar diatas secara berulang kali sampai anda percaya diri dan lakukan latihan dengan menambah kecepatan yang lebih tinggi. Semoga berhasil