Bedah Mesin Tiga Silinder Harley-Davidson Iconic Bike Tim C

10 Nov 2017

Melewati rangkaian panjang dengan waktu yang terbilang cukup lama dibandingkan dengan dua iconic bike Suryanation Motorland 2017 sebelumnya, progres Iconic Bike tim Majapahit kolaborasi antara Yusuf Adib Mustofa dari Psycoengine, Purwokerto dan kaichiroh Kuroasu dari Cherry Company, Tokyo, Jepang berbasis Harley-Davidson Sportster 883 3 silinder hanya tinggal mengitung hari. Sosok utuhnya akan dapat disaksikan pada gelaran Grand Final Suryanation Motorland 2017 yang akan dihelat 11 -12 November 2017 di Lapangan Makodam 5 Brawijaya, Surabaya.

Mesin W 3 silinder berbasis H-D Sportster bikinan M. Yusuf Adib Mustofa dari workshop Psycoengine ini termasuk ubahan mesin yang revolusioner. "Untuk Sportster W engine ini yang pertama di dunia, setahu saya belum ada yang bikin sebelumnya," terang Bimo dari Bimo Custombike yang ngelotok tentang sejarah Harley-Davidson. Motor Iconic Bike tim ini nantinya akan menggunakan mesin yang basisnya di ambil dari Harley-Davidson Sportster 883. Mesin ini di garap langsung oleh Yusuf dengan di mentori oleh LT. Konsepnya menambah satu silinder sehingga mesin tersebut memiliki tiga ruang bakar. Secara kasat mata, mesinnya tidak lagi berbentuk V melainkan menyerupai huruf W. Hal inilah yang dikatakan W Engine.

Secara teknis, kapasitasnya mesinnya berubah menjadi 1.324 dari versi sebelumnya yang hanya memiliki 883. Agar bisa tambah satu silinder prosesnya adalah merubah susunan crank case yang harus dicor dengan membuat ruang baru yang sedikit lebih lebar. Bagian paling istimewa adalah jumlah kem. Dimana jumlah kem standarnya yang berjumlah empat, berubah menjadi lima kem. Logikanya penambahan silinder ini membuat jumlah kem menjadi enam namun, karena ruang tidak cukup maka hanya menggunakan lima kem. Kem ini bekerja untuk membuka dua klep sekaligus.

“Kem nomor 4 dipakai untuk buka klep ex silinder 2 dan klep in silinder 3," ujar Yusuf.