ICONIC BIKE TIM C TAMPIL PERDANA DI SURABAYA

11 Nov 2017

SURYANATION MOTORLAND 2017 SURABAYA | INI DIA SPORTSTER TIGA SILINDER ICONIC BIKE KE-3

Memasuki putaran terakhir dalam rangkaian Suryanation Motorland 2017 Surabaya menjadi kota gelaran “Big Bang” Suryanation Motorland 2017. Dalam gelaran yang di helat dua hari ini, salah satu yang paling ditunggu di seri Grand Battle ini adalah penampilan perdana Iconic Bike Ketiga yang merupakan hasil kolaborasi antara M. Yusuf Adib dari Psycho Engine Purwokerto yang merupakan pemenang Best of The Best Suryanation Motorland 2016 dengan builder kenamaan Jepang, Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company.

Keduanya berkolaborasi denganLulut Wahyudi di dalam tim “Majapahit” untuk membuat Iconic Bike Ketiga dan melengkapi dua Iconic Bike sebelumnya yang dibuat oleh tim “Deli Sriwijaya” dan “Gowa Mataram”.

Iconic Bike garapan yang M. Yusuf Adib dari Psycho Engine dengan Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company menampilkan motor dengan mesin “W Engine” dengan basis mesin Harley Davidson Sportster buatan tahun 1996. Sementara nantinya rangka dan bodi dibuat oleh Kaichiroh Kurosu di Jepang dan dikirimkan langsung ke Indonesia.

“Saya sangat antusias untuk terlibat pada pembuatan Iconic Bike Ketiga ini, saya rasa apa yang sudah dilakukan oleh M Yusuf Adib ini merupakan sesuatu terobosan di dunia custom. Semoga Iconic Bike ketiga yang kami buat bersama ini bisa menjadi inspirasi bagi builder di Indonesia” sambung Kurosu.

Selain pengerjaan di Jepang, motor dengan gaya Drag Style ini juga di garap oleh painter tanah air bernama Hacka Pinstriper asal Solo. Hacka terkenal dengan hasil karyanya yang manis dan detail. Secara keseluruhan body motor ini di labur dengan warna merah candy dengan kombinasi warna perak dan putih di beberapa bagian. Kesan Drag terlihat kental dengan penggunaan ban belakang bertipe Drag merek M/H tyre. Selain itu stang sebagai kemudi juga di desain model menunduk lengkap dengan cover headlamp yang futuristik.

Di sisi mesin motor ini sudah tidak lagi berkapasitas 883 melainkan 1.324 berkat penambahan satu silinder yang diletakan diantara roda depan dengan frame. Istimewanya Harley-Davidson Sportster yang terlahir dengan twin silinder empat cam diubah Yusuf menjadi lima cam.

Agar bisa tambah satu silinder prosesnya adalah merubah susunan crank case yang harus dicor dengan membuat ruang baru yang sedikit lebih lebar. Bagian paling istimewa adalah jumlah kem. Dimana jumlah kem standarnya yang berjumlah empat, berubah menjadi lima kem. Logikanya penambahan silinder ini membuat jumlah kem menjadi enam namun, karena ruang tidak cukup maka hanya menggunakan lima kem. Kem ini bekerja untuk membuka dua klep sekaligus. “Kem nomor 4 dipakai untuk buka klep ex silinder 2 dan klep in silinder 3,” tutup Yusuf.

Iconic Bike Ketiga yang merupakan hasil kolaborasi ketiga builder ini juga akan diberangkatkan bersama dengan motor yang berhasil menjadi The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017 untuk dipamerkan di acara International Motor Bike Expo di Verona, Italia.