Motor Milik Steve McQueen Resmi Dilelang

20 Feb 2018

Selain Triumph Bonneville tahun 1963, motor klasik lain milik Steve McQueen rencananya akan dilelang di Las Vegas. Motor dengan merek Century Old berwarna biru muda ini termasuk dalam salah satu motor langka karena populasinya yang semakin sedikit apalagi dalam kondisi lengkap dan prima. Khusus motor lelang Century Old ini menjadi lebih istimewa karena kepemilikan atas nama dari aktor terbaik Hollywood, Steve McQueen.

Century Old Pope 61ci model L lahir pertama kali tahun 1912. Pabrik pembuatnya mengklaim saat itu motor ini sudah dibekali dengan teknologi terbaru. Century Old dibekali dengan mesin 1.000 dengan sistem kerja OHV (overhead valve) yang dapat dilepas di bagian atasnya. Hal ini tentu menjadi motor berteknologi dengan mesin yang pertama kali ada di motor Amerika saat itu.

Di tahun tersebut, kebanyakan motor hanya mampu menghasilkan 8 hp namun, Century Old sudah mencapai 15 hp. Motor ini mampu digeber hingga 70 mph. sukses di tahun pertamanya, Century Old model L 126 akhirnya mendapat upgrade di beberapa sektor pada 1913. Sejak saat itu hingga 1916 Century Old diklaim merupakan motor tercepat di dunia.

Sementara untuk harga jualnya saat itu, Century Old di jual dengan USD 250. Harga ini terbilang murah untuk era digital saat ini namun, merupakan salah satu sepeda motor termahal dijamannya dan hanya dimiliki kaum borjuis. Perbandingannya sama dengan harga jual sebuah mobil Ford Model T yang baru.

Ben Walker, Director Motorcycle Bonhams mengatakan, motor Century Old model L 126 merupakan motor idaman bagi para penggemar kendaraan roda dua. Walau “bekas” McQueen, di sisi sejarah motor ini merupakan motor periode perintis dalam sejarah otomotif Amerika di era revolusi industri.

Namun, motor ini baru dimiliki McQueen sekitar pada akhir 1970-an. Ia mendapatlan motor ini berdasarkan rekomendasikan teman dekatnya bernama Bud Ekins. Mereka berburu di seluruh Amerika. Nilai sejarah yang tinggi dengan prestasinya di jamannya, ex-McQueen dengan proses berburunya menjadikan nilai ekonomi ini bertambah berlipat-lipat. Beberapa berita menjelaskan jika motor ini merupakan sebagai salah satu motor favoritnya Steve. Sayang di tahun 1980 akhirnya Steve McQueen akhirnya menghembusan nafas terakhirnya di dunia dan motor ini akhirnya dibeli oleh kolektor motor klasik dan kemudian dipajang di Museum Otis Chandler di Oxnard, California sampai sang kolektor tersebut meninggal. Saat ini motor tersebut dibeli dan segera di lelang oleh pemilik barunya saat ini yang dirahasiakan namanya.